dasar pemrograman arduino

video

https://youtu.be/h88nKrD5DPY
https://youtu.be/9gI_lCXdA78
ARDUINO 



Pendahuluan 



Arduino merupakan suatu perangkat yang dirancang dengan kemampuan komputasi yang 
dapat berinteraksi secara lebih dekat dengan dunia nyata dibandingkan komputer biasa. Satu 
hal yang perlu dicatat ialah Arduino bersifat open source, baik microcontroller board yang 
dapat dimodifikasi, begitu juga dengan development environment untuk menuliskan source 
code program yang disebut dengan istilah sketch. 




ARDUINO 



Sejarah Singkat 

Arduino bermula pada tahun 2005, sebagai sebuah project bagi para pelajar di Interaction 
Design Institute Ivrea di Ivrea, Italia. Pada saat itu para pelajar menggubakan BASIC Stamp 
yang cukup mahal bagi pelajar. Adalah Massimo Banzi, salah satu pendiri Arduino, yang 
sekaligus mengajar di Ivrea, mencoba menyelesaikan persoalan tersebut. Asal mula nama 
Arduino berasal dari nama sebuah bar yang ada di Ivrea, dimana para pendiri Arduino biasa 
berkumpul disana. Untuk hardware wiring awal dirancang oleh Hernando Barragan. Bersama 
dengan David Cuartielles, mulai memperkenalkan Arduino. 

Feature Kelebihan 

Arduino dapat digunakan untuk mengembangkan suatu sistem interaktif, yang menerima 
input dari bermacam switch atau sensor, dan mengendalikan bermacam hal semisal lampu, 
motor, dan output lainnya. 

Ada berbagai macam jenis microcontroller dan platform yang tersedia untuk keperluan 
komputasi fisik. Arduino dirancang secara sederhana dan mudah dipelajari, dikembangkan 
untuk keperluan project tugas sekolah, kuliah, ataupun tugas akhir. Adapun kelebihan yang 
coba ditawarkan Arduino antara lain. 

• Relatif murah 

• Bersifat cross-platform dapat dijalankan di berbagai operating system seperti 
Windows, Macintosh OSX, dan Linux 

• Sederhana, dengan programming environment turunan dari bahasa pemrograman C 
yang mudah dimengerti 

• Baik hardware maupun software bersifat open source 

Untuk dasar tutorial pemrograman Arduino berikut ini beberapa function yang biasa 
digunakan. 

setup() 

Digunakan untuk inisialisasi variable, pin mode, penggunaan library, dan lain sebagainya. 
Hanya dijalankan sekali, pada saat Arduino pertama kali dinyalakan, atau setelah reset. 

loop() 

Setelah function setupQ, digunakan function loop() yang sesuai dengan namanya, untuk 



menjalankan program utama dalam Arduino secara berulang terus-menerus, hingga Arduino 
dimatikan atau reset. 

pinMode() 

Digunakan untuk melakukan konfigurasi secara spesifik fungsi dari sebuah pin, apakah 
digunakan sebagai input atau sebagai output. Contoh penggunaan function pinMode() ialah 
sebagai berikut. 

• pinMode(0, INPUT) konfigurasi pin 0 Arduino sebagai pin input 

• pinMode(13, OUTPUT) konfigurasi pin 13 Arduino sebagai pin output 

digitalReadO 

Digunakan untuk membaca nilai pin digital yang spesifik, apakah bernilai HIGH atau LOW. 
Contoh penggunaan function digitalRead() ialah sebagai berikut. 

• digitalRead(O) membaca nilai digital dari pin 0 Arduino 
digitalWriteO 

Selain membaca nilai, ada juga function untuk menuliskan atau memberikan nilai pada suatu 
pin digital secara spesifik. Dengan function digitalWrite() memberikan nilai pin digital yang 
spesifik apakah bernilai HIGH atau LOW, dapat dilakukan. Contoh penggunaan function 
digitalWriteO ialah sebagai berikut. 

• digitalWrite(13, HIGH) memberikan nilai digital HIGH pada pin 13 Arduino 



delay() 

Sesuai dengan namanya, function delay() digunakan untuk memberikan waktu tundaan 
(dalam satuan millisecond) untuk mengerjakan satu baris program ke baris selanjutnya. 
Contoh penggunaan function delay() ialah sebagai berikut. 

• delay(lOOO) memberikan waktu tundaan 1000 millisecond, atau setara dengan 1 detik 
sebelum melanjutkan mengerjakan perintah baris program selanjutnya 



analogRead() 

Selain membaca nilai digital, Arduino juga dapat digunakan untuk membaca nilai analog. 
Dengan menggunakan function analogRead(), untuk membaca nilai analog melalui pin 
analog. Untuk board Arduino UNO memiliki 6 channel analog, Arduino Mini dan Nano 8 
channel, sedangkan Arduino Mega 10 channel, dengan resolusi 10 bit analog to digital 
converter. Dengan resolusi 10 bit memungkinkan pemetaan tegangan antara 0 volt hingga 5 
volt dalam nilai integer dari 0 hingga 1023. Sehingga resolusi pembacaan nilai analog ialah 5 
volt dibagi 1024 unit, atau sekitar 4,9 mV per unit. Dibutuhkan sekitar 100 microsecond 
untuk membaca suatu input analog, dengan kata lain tingkat pembacaan maximum nilai 
analog ialah 10000 kali dalam satu detik. 



analogReference(type) 

Digunakan untuk memberikan nilai tegangan referensi untuk input analog, dengan pilihan 
type yang ada antara lain. 

• DEFAULT, nilai tegangan default untuk board Arduino ialah 5 volt atau 3,3 volt 

• INTERNAL, sebuah referensi built-in, setara tegangan 1,1 volt pada ATmegal68 
atau ATMega 328, dan 2,56 volt untuk ATMega8 

• INTERNAL1V1, sebuah referensi built-in, tegangan 1,1 volt, untuk Arduino Mega 

• INTERNAL2V56, sebuah referensi built-in, tegangan 2,56 volt, untuk Arduino Mega 

• EXTERNAL, sebuah referensi referensi dari pin AREF, nilai tegangan berkisar 
anatar 0 volt hingga 5 volt 



Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs halaman Arduino . 



Arduino Operasi Bitwise 

Bahasa C yang digunakan pada Arduino, menjadikannya mudah untuk dipelajari oleh pelajar, 
mahasiswa, dari mulai untuk project sederhana hingga tugas akhir kuliah. Bahasa C 
menawarkan operasi manipulasi bit, yang mana pada Arduino bisa sangat berguna untuk 
mengubah suatu nilai bit dalam data yang berupa byte. Implementasi nyata pada Arduino 
ialah pada manipulasi nilai pin-pin Arduino berubah dari kondisi high menjadi low, atau 
sebaliknya. Dalam hal ini operasi manipulasi bit dimungkinkan dengan penerapan gerbang 
logika atau operasi fungsi logika yang disebut bitwise. Untuk operasi bitwise standard yang 
biasa digunakan ialah & (AND), I (OR), « (Left Shift) menggeser nilai bit ke kiri, dan » 
(Right Shift) menggeser nilai bit ke kanan. 

AND 

Fungsi operasi logika AND dari dua buah operand akan menghasilkan output dengan logika 
1, high, hanya pada saat kedua bit pada tingkat yang sama juga bernilai logika 1, high. Selain 
itu akan menghasilkan output dengan logika 0, low. Berikut ini adalah contoh potongan 
sktech Arduino. 

byte operandi = B00001 111; 
byte operand2 = B01010101; 
byte result = operandi & operand2; 



Penjelasannya sebagai berikut. 



• Nilai operandi dengan tipe data byte ialah 00001 111 

• Nilai operand2 dengan tipe data byte ialah 01010101 

• Nilai result dengan tipe data byte ialah hasil operasi AND byte dari operandi dengan 
operand2 



AND 

operandi = 00001111 
operand2 = 01010101 

result = 00000101 



OR 

Fungsi operasi logika OR dari dua buah operand akan menghasilkan output dengan logika 1, 
high, hanya pada saat salah satu atau kedua bit pada tingkat yang sama bernilai logika 1, 
high. Selain bila kedua bit pada tingkat yang sama bernilai logika 0, low maka akan 
menghasilkan output dengan logika 0, low. Berikut ini adalah contoh potongan sktech 
Arduino. 

byte operandi = B00001 111; 
byte operand2 = B01010101; 
byte result = operandi I operand2; 

Penjelasannya sebagai berikut. 

• Nilai operandi dengan tipe data byte ialah 00001 111 

• Nilai operand2 dengan tipe data byte ialah 01010101 

• Nilai result dengan tipe data byte ialah hasil operasi OR byte dari operandi dengan 
operand2 



OR 

operandi = 00001111 
operand2 = 01010101 

result = 01011111 



« Left Shift 

Fungsi dari bitwise « ialah menggeser nilai-nilai bit ke kiri. Menggeser nilai-nilai bit ke kiri, 
akan menghasilkan output yang bernilai dua kali lipat dari operand awalnya. Berikut ini 
adalah contoh potongan sktech Arduino. 

int i = 2; 

byte operand = B00001 111; 
byte result = operand « i; 

Penjelasannya sebagai berikut. 

• Nilai operand dengan tipe data byte ialah 00001 111 

• Nilai result dengan tipe data byte ialah hasil pergeseran bit dari operand ke kiri 
sebanyak i, yakni 2 kali 

Left shift 
operand = 00001111 
result = 00111100 



» Right Shift 

Fungsi dari bitwise » ialah menggeser nilai-nilai bit ke kanan. Menggeser nilai-nilai bit ke 
kanan, akan menghasilkan output yang bernilai separuh dari operand awalnya. Berikut ini 
adalah contoh potongan sktech Arduino. 

int i = 2; 

byte operand = B01 100000; 
byte result = operand » i; 

Penjelasannya sebagai berikut. 

• Nilai operand dengan tipe data byte ialah 01 100000 

• Nilai result dengan tipe data byte ialah hasil pergeseran bit dari operand ke kanan 
sebanyak i, yakni 2 kali 

Right shift 
operand = 01100000 
result = 00011000 



Lihat juga mengenai implementasinya dalam program Arduino LED bitwise operation . 



Arduino Serial 



Setiap board Arduino setidaknya telah memiliki satu buah serial port, yang memungkinkannya untuk 
melakukan proses pertukaran data dengan komputer atau perangkat lain melalui jalur komunikasi 
serial. Pada Arduino Uno, dengan menggunakan RX (pin 0) dan TX (pin 1) memungkinkan proses 
komunikasi serial tersebut. Oleh karena itu, pin 0 dan pin 1, yang sedang digunakan untuk proses 
pertukaran data komunikasi serial, tersebut tidak dapat digunakan sebagai pin input atau juga 
output. 

Arduino IDE sendiri telah mencakup feature serial monitor untuk berkomunikasi dengan board 
Arduino. Satu hal yang perlu dicatat ialah menyesuaikan baud rate antara Arduino dengan 
komputer, agar proses pertukaran data antara keduanya dapat berjalan dengan baik. Agar lebih jelas 
mengenai baud rate, berikut penjelasannya. 

Pada telekomunikasi dan elektronika, baud (dalam Bd) merupakan unit untuk merepresentasikan 
banyaknya modulasi atau pulse setiap satuan waktu. Dalam sistem digital, (yang menggunakan nilai 
discrete) dengan binary code, 1 Bd sama dengan 1 bit per second. Untuk nama unit baud ini sendiri, 
berasal dari Emile Baud, yang merupakan penemu dari Baudot code untuk telegrapy. 
Dalam proses pertukaran data antara microcontroller dengan komputer, biasa melalui komunikasi 
serial. Disini kaitannya dengan baud rate, seberapa cepat data dikirimkan melalui jalur komunikasi 
serial tersebut. Agar dua buah perangkat, microcontroller dengan komputer dapat bertukar data 
dengan baik, maka baud rate antara keduanya harus setara. Biasa baud rate yang digunakan ialah 
9600 bits per second. Adapun baud rate lainnya bisa bernilai 1200, 2400, 4800, 19200, 38400, 
57600, dan 115200. Setiap nilai baud rate tersebut memiliki ratio perbandingan kelipatan dari baud 
rate standard 9600 yang biasa digunakan. 

Semakin tinggi baud rate, maka semakin cepat data dikirimkan, demikian pula sebaliknya. Meski 
begitu tetap ada batasan nilai baud rate, bila melebihi nilai batasan tersebut maka akan terjadi error. 
Lihat juga mengenai interface komunikasi serial . 



Arduino LCD 

Salah satu jenis penampil yang sering digunakan ialah LCD (Liquid Crystal Display), yang 
memiliki banyak kelebihan dibandingkan seven segment display . Salah satu kelebihan LCD 
ialah menampilkan pesan text. Jenis LCD yang banyak digunakan untuk project 
microcontroller sederhana ialah LCD 16x2, 16 kolom dengan 2 baris. 
Untuk memulai belajar menggunakan penampil LCD, terlebih dahulu dilakukan pemetaan 
konfigurasi wiring diagram. Hal ini ditujukan agar pin yang digunakan pada source code dan 
wiring diagram sesuai. Berikut ini ialah wiring diagram yang digunakan antara Arduino 
dengan LCD pada uji coba awal. 




Berdasarkan gambar wiring diagram tersebut. 

• LCD RS pin dihubungkan ke digital pin 12 

• LCD Enable pin dihubungkan ke digital pin 1 1 

• LCD D4 pin dihubungkan ke digital pin 5 

• LCD D5 pin dihubungkan ke digital pin 4 

• LCD D6 pin dihubungkan ke digital pin 3 

• LCD D7 pin dihubungkan ke digital pin 2 

Penggunaan potentiometer (variable resistor), ditujukan untuk mengatur tingkat gelap-terang 
tampilan LCD tersebut, berdasarkan fungsi pembagi tegangan. Berikut ini ialah source code 
(sketch) sederhana untuk menampilkan pesan text. 

/* 

Program LCD sederhana 
dengan mencakup library LCD 
Loki Lang 

*/ 

#include <LiquidCrystal.h> 

LiquidCrystal lang(12, 11, 5, 4, 3, 2); 

void setup() 
{ 

lang.begin(16, 2); 

} 

void loop() 
{ 

lang.clear(); 
lang.setCursor(3, 1); 
lang.print("Manchester"); 
lang.setCursor(5, 1); 
lang.print("United"); 

} 



Dalam source code tersebut digunakan macro #include preprocessed directive yang memuat 
file header LiquidCrystal.h untuk library LCD, untuk penampil LCD. 

Proses inisialisasi pin Arduino yang terhubung ke pin LCD RS, Enable, D4, D5, D6, dan D7, 
dilakukan dalam baris LiquidCrystal lang(12, 1 1, 5, 4, 3, 2); dimana lang merupakan variable 
yang dipanggil setiap kali instruksi terkait LCD akan digunakan. Catatan, untuk nama 
variable lang dapat diubah dengan led atau nama lainnya, selama dalam pemanggilan 
namanya sesuai. 

begin() 

Untuk begin() digunakan dalam inisialisasi interface ke LCD dan mendefinisikan ukuran 
kolomdan baris LCD. Pemanggilan begin() harus dilakukan terlebih dahulu sebelum 
memanggil instruksi lain dalam library LCD. Untuk syntax penulisan instruksi begin() ialah 
sebagai berikut. 
lang.begin(cols, rows) 

Dengan lang ialah nama variable, cols jumlah kolom LCD, dan rows jumlah baris LCD. 
clear() 

Instruksi clear() digunakan untuk membersihkan pesan text. Sehingga tidak ada tulisan yang 
ditapilkan pada LCD. 

setCursor() 

Instruksi ini digunakan untuk memposisikan cursor awal pesan text di LCD. Penulisan syntax 
setCursor() ialah sebagai berikut. 
lang.setCursor(col, row) 

Dengan lang ialah nama variable, col kolom LCD, dan row baris LCD. 
print() 

Sesuai dengan namanya, instruksi print() ini digunakan untuk mencetak, menampilkan pesan 

text diLCD. Penulisan syntax print() ialah sebagai berikut. 

lang.print(data) 

Dengan lang ialah nama variable, data ialah pesan yang ingin ditampilkan. 

Lihat juga mengenai tutorial dan penjelasan mengenai project Arduino Uno LED blinking 
dan Arduino Uno LED animation. 



Arduino Timer 



Pada ulasan belajar Arduino kali ini membahas tentang timer dan interrupt. Banyak function 
dalam Arduino menggunakan timer semisal delay(), delayMicroseconds(), millis(), dan 
micros() untuk penggunaannya masing-masing akan dijelaskan sebagai berikut. 

• delay(), digunakan untuk tundaan eksekusi baris program selanjutnya dalam 
millisecond 

• delayMicroseconds(), digunakan untuk tundaan eksekusi baris program selanjutnya 
dalam microseconds 

• millis(), digunakan sebagai pewaktu internal yang (bila tanpa terminate bersyarat) 
akan terus berjalan hingga terjadi overflow (kembali ke nilai 0) dengan unit dalam 
millisecond, untuk board Arduino Uno nilai millis() akan terus berjalan hingga sekitar 
50 hari 

• micro s(), digunakan sebagai pewaktu internal yang (bila tanpa terminate bersyarat) 
akan terus berjalan hingga terjadi overflow (kembali ke nilai 0) dengan unit dalam 
microsecond, untuk board Arduino Uno nilai millis() akan terus berjalan hingga 
sekitar 70 jam 

Sebuah pewaktu, timer, merupakan bagian dari microcontroller yang berperan sebagai clock 
internal untuk mengukur waktu suatu event. Untuk timer dapat diatur dengan menggunakan 
beberapa register khusus. Pada firmware Arduino semua timer memiliki konfigurasi 
frekuensi 1 kHz dengan enable interrupt. Berikut ini timer khusus untuk Arduino. 

• TimerO, 8 bit, digunakan untuk function seperti delay(), millis(), dan micros(), dengan 
mengubah konfigurasi TimerO akan mempengaruhi function lainnya 

• Timer 1, 16 bit, biasa digunakan untuk aplikasi terkait motor servo 

• Timer2, 8 bit, function tone() menggunakan Timer2 



Timer Register 

Untuk dapat melakukan manipulasi timer pada Arduino terlebih dahulu harus mengetahui 
fungsi dari masing-masing register yang terkait timer. Salah satu register timer yang paling 
penting ialah TCCRx (Timer/Conter Control Register), dengan x adalah nomor, berikut ini 
adalah register apa saja yang digunakan untuk timer. 

• TCCRx (Timer/Conter Control Register), dimana prescaler dapat dikonfigurasi disini 
sekaligus mode operasi timer 

• TCNTx (Timer/Counter Register), dimana nilai timer disimpan, merupakan register 
pencacah mulai dari 0 hingga nilai maximum 

• OCRx (Output Compare Register), untuk membandingkan OCR yag diberikan dengan 
nilai TCNT 

• ICRx (Input Capture Register), hanya tersedia untuk timer 16 bit, menerima data 
timer 

• TIMSKx (Timer/Counter Interrupt Mask Register), digunakan untuk menjalankan 
atau mematikan timer interrupt 

• TIFRx (Timer/Counter Interrupt Flag Register), menandakan timer interrupt hasil 
operasi timer 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

jam digital

teknik gulung dinamo